Inspirasi Kerajinan Dari Sampah Plastik

Wednesday 8 August 2012
Aplikasi peduli lingkungan dapat ekspresikan dengan bermacam cara. Salah satunya dengan memanfaatkan sampah plastik sebagai peluang usaha kecil. Cara ini selain bisa mendatangkan keuntungan secara finansial, juga menjadi langkah nyata dalam rangka berpartisipasi dalam menjaga lingkungan.

Sampah plastik memerlukan waktu hingga ratusan tahun untuk dapat diurai. Itulah mengapa peluang usaha kecil dengan mengolah sampah akan bermanfaat bagi kelestarian lingkungan. Sejauh ini penggunaan sampah plastik dalam keseharian sangat sulit dihindarkan. Alhasil makin hari sampah plastik pun kian menumpuk dan
mengotori bumi.


Jika hal ini terus berlanjut, suatu saat permukannya bumi bisa mengerikan karena sampah. Peluang usaha kecil dengan mengolah sampah plastik perlu mendapat dukungan dari semua pihak. Karena jika keadaan ini terus berlanjut tanpa adanya usaha bersama untuk mengatasi tingginya limbah plastik, permukaan bumi akan dipenuhi sampah menumpuk hingga tidak ada lagi tempat bagi manusia. Pelaksanaan peluang usaha kecil yang menjadikan limbah plastik sebagai bahan baku produksi, berpotensi memberdayakan tenaga kerja wanita sehingga turut mengurangi angka pengangguran.

Cara Membuat Kerajinan dari Sampah Plastik
Pelaksanaan peluang usaha kecil ini tidaklah rumit. Yang terpenting adalah kemampuan dan keterampilan menjahit dan mengkreasikan berbagai macam kemasan plastik untuk menghasilkan produk yang menarik.

Cara pembuatannya sebagai berikut:
1. Menyiapkan bahan baku berupa sampah plastik dari detergen, kemasan isi ulang sabun mandi, kemasan mie instan, dan semacamnya.
2. Memilah dan memilih sampah plastik yang bahannya cukup kuat.
3. Bahan baku peluang usaha kecil yang merupakan sampah ini dicuci bersih agar tidak menjadi sarang kuman.
4. Mengeringkan sampah yang sudah bersih hingga benar-benar kering karena produk yang lembab bisa memicu jamur atau bakteri yang bisa mengotori produk dan juga kerap menimbulkan bau tak sedap.
5. Membuat pola yang diinginkan, seperti tas, tempat pensil, dompet, kreasi lainnya.
6. Tahap selanjutnya dalam peluang usaha kecil ini adalah menjahit sampah plastik sesuai pola yang diinginkan untuk menghasilkan produk.
Keterampilan dan ketelatenan dalam menjahit sangat mempengaruhi hasil ahir dari produksi daur ulang sampah sebagai peluang usaha kecil ini. Jahitan yang rapi umumnya lebih disukai konsumen.





Biaya Investasi Awal
Sebagai peluang usaha kecil, pada tahap awal anda bisa memproduksinya seorang diri atau dengan bantuan anggota keluarga di sela waktu senggang. Tempat usaha pun tidak memerlukan tempat khusus. Cukup menyediakan sebuah ruang berisi meja dan kursi serta rak atau kardus untuk penyimpanan bahan mentah, sengah jadi, dan atau produk jadi.
Peralatan yang dibutuhkan adalah mesin jahit, gunting, jarum, dan peralatan kecil lain seperti pensil dan penggaris. Untuk bahan baku peluang usaha kecil ini hanya diperlukan sampah plastik, benang, air untuk mencuci, resleting, kancing, atau aksesoris kecil jika diperlukan. Adapun rincian investasi awal peluang usaha kecil ini sebagai berikut:

1. Peralatan
- Mesin jahit = lebih murah menggunakan yang second, harga sekitar Rp 350.000 tergantung kondisinya.
- Kursi = Rp 35.000
- Penggaris/alat ukur = 3.500
- Gunting = Rp 3.000
- Pensil = Rp 2.500
- Polpen = Rp 1.500
- Jarum = Rp 500

2. Bahan
- Plastik sampah = + Rp 600/kg (harga tergantung pasar, kadang naik turun)
- Benang aneka warna (10 warna x Rp 1.000) = Rp 10.000
- Resleting = Harga mulai 1.500 (tergantung ukuran dan jenisnya)
Kebutuhan lain seperti listrik dan air menyesuaikan dengan jumlah produksi. Selamat mencoba memanfaatkan sampah menjadi peluang usaha kecil yang sekaligus menjadi salah satu upaya menjaga lingkungan bumi tempat kita tinggal.