SEPOTONG ROTI UNTUK VITAMIN KEHIDUPAN

Tuesday 28 June 2011
MENJADI SEORANG PENGUSAHA BERARTI HARUS SIAP DISAKITI HATINYA.
Berpikir positif saja tidak cukup, keadilan sering tidak terjadi di dunia ini. Ketika air susu dibalas dengan air tuba, Ketika pagar makan tanaman. Ketika anda tertipu oleh orang terdekat anda. Ketika saudara anda berkhianat. ketika janji tak ditepati. Ketika uang kita dibawa kabur. Ketika anda dijebak masuk penjara. Apa respon anda?. 


Itulah kenyataan yang sering dan akan kita hadapi, apalagi didunia pengusaha. Berpikir positif bahwa semua itu tidak akan terjadi adalah mustahil, malah menambah sakit hati jika suatu saat itu terjadi, sedia payung sebelum hujan, sedia obat sebelum sakit, karena memang itulah kenyataan hidup. Untungnya masih ada keadilan di akhirat.

Masih teringat pengalaman saya berdialog dengan Mr. Liem, ia menanyakan tentang segala hal bisnis yang akan saya jalankan, sampai saat dia menanyakan dengan jelas dan berulang-ulang, " kalau orang yang berjanji membantu kamu ternyata ingkar, gimana?" saya jawab "tidak mungkin". 


Dia bertanya lagi, "Jangan bilang tidak mungkin, kalau suatu saat hal itu terjadi gimana? Are you ready or not?" Saya terdiam sejenak dan menjawab.."Yes, Iam ready". Kemudian dia berpesan "You are foundatiion of your business, don't depend on some one 100%, don't trust anyone 100%". Apa yang dia katakan menjadi kenyataan. Ternyata semua orang sukses yang saya temui, mengalami hal yang serupa bahkan berulang-ulang.

KEKUKATAN MEMAAFKAN
Banyak orang lembek menjadi trauma dengan kejadian-kejadian seperti itu dan menyebutnya pil pahit. Saya lebih senang menyebutnya "VITAMIN KEHIDUPAN'. Tentu saja tak boleh over dosis. Kembali ke respon apa yang harus kita lakukan? 


Pertama, "MINTA MAAF KE ORANG YANG MENYAKITI KITA". Saya tidak salah ketik. Sekali lagi, "MINTA MAAF KEPADA ORANG TELAH MENYAKITI KITA". Apalagi jika kita yang salah, harus secepatnya maminta maaf. Saya tidak akan menjelaskan tentang hal ini tetapi saya tantang anda untuk mencoba. Datangi dan meminta maaf, anda akan merasakan energi yang luar biasa merasuk kedalam jiwa anda.


 "BARANG SIAPA YANG BISA MENGENDALIKAN ORANG LAIN ADALAH ORANG KUAT. BARANG SIAPA YANG MENGNENDALIKAN DIRI SENDIRI, MAKA DIA ORANG HEBAT" (Lao Tzu).
Kedua, seperti orang habis terpeleset, jangan langsunng pergi, "ngepel dulu dong"!. Ambil hikmah nya, pasti ada. Jangan cuma mengalahkan kondisi atau orang lain, bertanggungjawablah terhadap segala hal terjadi. Mungkin anda kurang hati-hati. 


Ketiga, buat alat anti salah atau istilah jepang nya "pakayoke". Cari penyebab utamanya secara obyektif dan buat kontrol sistem agar tak terulang lagi. 


Terakhir, selalu waspada, bukan curiga. Semua orang ingin sukses, tapi tak semua orang layak untuk sukses. Jalan sukses itu berliku, terjal, naik dan berbelok-belok, memutar, tapi jalan itu ada. Jalan itu ada untuk semua orang, termasuk anda, tapi tak semua orang akan sampai ke finish. Banyak godaan untuk berhenti, baik faktor langit atau bumi dikambing hitamkan. Jarangn ada orang yang mengepel (baca: introspeksi) saat terpeleset. Banyak juga mengulangi kesalahan yang sama dengan dalih "konsisten".
"YOU CANNOT LIVE WITH YESTERDAY'S STANDAR AND EXPECT EXTRAORDINARY INCOME TODAY".
dibutuhkan extra kreativitas, pertambahan knowledge untuk menghadapi perubahan dan persaingan. Jangan salahkan kompetitor, salahkan diri anda yang tak mau berubah.

"Dimana anda tahun lalu? kemajuan apa yang anda capai? Mungkin tahun lalu anda belum mulai usaha, tapi sekarang udah jadi pengusaha. Bisa jadi usaha anda maju pesat dalam setahun, tapi bisa jadi anda bangkrut sekarang ini. Bukan hanya hasilnya yang patut di puji, TAPI SPIRIT ANDA UNTUK TETAP BERGERAK, BANGKIT DARI KEGAGALAN yang patut diacungi double jempol! Itulah Entrepreneur sejati! HIDUP TAK SELAMANYA ADIL. MUNGKIN SEKARANNG ANDA BARUSAN TERTIPU, DIFITNAH, DIJEBLOSKAN KE PENJARA, JANGAN KURANGI SPIRIT ANDA, MESKIPUN ANDA SEDANG DIBAWAH, YANG PENTING ANDA TERUS BERGERAK.HIDUP INI SINGKAT".
Jika hari ini adalah hari terakhir anda didunia, Bagaimana anda ingin dikenang?
Jika hari ini adalah hari terakhir anda di dunia, apa kata-kata terakhir yang ingin anda dengar dari orang-orang yang mencintai anda?
Jika hari ini adalah hari terakkhir anda didunia, apakah anda sudah memberikan yang terbaik?
Jika hari ini adalah hari terakhir anda didunia, apa yang anda tinggalkan? apakah anda layak sukses? Apakah anda sudah berusaha yang terbaik? Apakah anda membuat orang lain bangga? Apakah anda meninggal seperti seorang PEJUANG? .....atau PECUNDANG?
Berapa jam sehari anda mengabdikan waktu anda untuk terus bertumbuh? Berapa jam sehari waktu terbuang percuma? Semoga masih ada hari esok! Hidup ini pilihan! Mana yang anda pilih! hidup ini singkat, jadi.......!!!!????

JAYA SETIABUDI -